Susu UHT merupakan produk dengan kandungan susu steril yang bisa dicoba untuk anak balita yang sudah lepas ASI. Susu ini mengandung susu cair murni namun sudah melewati berbagai proses dengan suhu tinggi sehingga mikroorganisme dan bakteri dalam susu sudah mati,  yang juga punya kandungan baik untuk anak.

Namun karena ada cukup banyak UHT dari berbagai merk di pasaran tentu anda harus selektif dalam pemilihan susu segar ini. Anda harus memperhatikan poin-poin penting dalam pemilihan susu agar dapat menemukan susu UHT murah tapi tetap berkualitas.

  • Perhatikan Kemasan Susu

Susu UHT cukup mudah anda temukan di mana saja. Nah saat pembelian susu ini sebaiknya perhatikan kemasan dan juga info pada kemasan. Saat memperhatikan kemasan, sebaiknya jangan Anda terima jika bagian kemasan ada yang rusak atau penyok. Pastikan pula tanggal kadaluarsa susu apakah masih di atas 3 bulan atau tidak. Perhatikan  pada kemasan susu yang sudah dibuka, karena harus benar-benar disimpan di lemari es agar tidak memicu terjadinya gelasi atau pembentukan gel akibat kerusakan protein yang terjadi.

  • Pilih Susu Dengan Kandungan Gula Yang Minim

Yang juga harus diperhatikan adalah Anda harus benar-benar teliti dalam melihat label nutrisi di bagian belakang kemasan susu. Sebaiknya pilih UHT dengan kandungan pemanis tambahan rendah atau sama sekali tidak mengandung pemanis buatan. Gula yang tinggi dari pemanis buatan ini tidak sehat untuk tubuh anak. Terutama dapat memicu kerusakan gigi obesitas hingga ancaman penyakit serius lainnya seperti diabetes. Nah solusi yang bisa anda lakukan yaitu dengan memilih susu UHT plain agar anak tidak ketergantungan terhadap rasa manis.

  • Pilih Rasa Susu Yang Enak

Jika anak memang tidak bisa mentoleransi susu plain. Maka sebaiknya pilih UHT dengan rasa yang paling disukai anak. Ada beberapa rasa UHT yang umumnya bisa anda pilih Misalnya saja susu UHT coklat, vanila hingga berbagai macam rasa buah-buahan. Anak umumnya menyukai susu dengan beraneka rasa yang bisa dicoba dan temukan rasa kesukaan anak. Apalagi kini produsen susu sudah semakin banyak menawarkan varian rasa susu yang beragam. Misalnya saja ada rasa baru susu yaitu coconut delight, ketan hitam hingga kacang hijau.

  • Pilih Susu Tinggi Lemak

Anda harus memilih UHT dengan lemak yang tinggi untuk kecukupan asupan lemak bagi pertumbuhan anak dan perkembangan otaknya yang lebih optimal. Lemak yang ada di dalam susu adalah lemak baik dengan manfaat untuk meningkatkan energi dalam tubuh anak. Lemak ini juga bisa menjadi cadangan energi untuk proses metabolisme ketika karbohidrat dan protein belum mencukupi di dalam tubuh.

  • Cek Kandungan Mikronutrien

Pemilihan UHT sebaiknya juga berdasarkan pada kandungan mikronutrien salah satunya kalsium. Pastikan UHT yang Anda pilih punya kandungan kalsium dengan jumlah yang disarankan. Pada produk UHT biasanya mengandung 300 mg kalsium atau sama dengan 60% kebutuhan kalsium anak setiap hari.

Jika anda melihat pada kemasan dan kandungan kalsiumnya di bawah dari itu maka sebaiknya tidak perlu dipilih. Karena mikronutrien dibutuhkan oleh tubuh anak untuk mengurangi resiko penyakit menular yang disebabkan kekurangan zat gizi mikro.

Demikian beberapa tips dalam memilih susu UHT untuk anak. Karena terdapat banyak produk susu jenis ini di pasaran, Anda bisa melakukan perbandingan susu mana yang paling bagus lewat platform Telunjuk.com. Dari perbandingan ini, tentu Anda bisa mendapatkan UHT terbaik yang bisa memaksimalkan kebutuhan anak.