Pemerintah tak ada henti-hentinya melakukan berbagai cara menekan laju pertumbuhan COVID-19 di Indonesia. Tak hanya anjuran menerapkan protokol kesehatan. Namun juga komitmen dalam pemberian vaksin kepada masyarakat terus digencarkan. Hal itu terbukti dengan membeli vaksin kepada Perusahaan biofarmasi asal Negera Cina.

Pemerintah Indonesia rencananya akan memberikan vaksin virus Corona dalam skema yang dibagi menjadi dua, pertama merupakan vaksin program pemerintah dan kedua vaksin mandiri. Total sasaran masyarakat yang mendapatkan vaksin sebanyak 107 juta orang. Dengan total dosis vaksin 250 juta dosis. Program gratis diberlakukan bagi 32 juta penduduk Indonesia. Sedangkan untuk vaksin yang dilakukan secara mandiri diberikan kepada 75 juta penduduk.

Berikut ini merupakan update terbaru tentang vaksin Covid di Indonesia.

Pemberian vaksin COVID-19 di Indonesia paling lambat hingga awal Januari tahun 2021

Setibanya 1,2 juta vaksin Sinovac asal Cina langsung diverifikasi oleh Badan POM. BPOM secara langsung menguji secara klinis keamanan dan efektivitas vaksin corona tersebut. Selanjutnya apabila terbukti tidak membahayakan keamanan, maka BPOM akan menerbitkan surat izin edar. Yang nantinya Kementerian Kesehatan akan mendistribusikan dan vaksinasi massal kepada masyarakat.

Badan POM belum memberi izin EUA terhadap vaksin virus corona hingga akhir tahun

Emergency Use of Authorization (EUA) belum bisa diterbitkan oleh Badan POM RI hingga bulan Desember tahun 2020 ini. Berdasarkan data yang diperoleh dari laporan hasil uji klinik vaksin seluruhnya masih belum lengkap. Pada tahap 1 dan 2 uji klinik Vaksin Sinovac masih 50 persen hasil yang didapat dari analisis interim, dan data keamanannya.

Penerima vaksin virus corona di Indonesia

Berdasarkan keterangan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan RI disebutkan bahwa akan ada 67 persen target dari total penduduk 167 juta. Skemanya dengan pemberian vaksin program pemerintah dan vaksin mandiri.

Bagi penerima vaksin program pemerintah maka penerima akan digratiskan. Nah yang akan mendapatkan vaksin program pemerintah meliputi tenaga kesehatan, pelayan publik, serta penerima BPJS PBI. Mereka akan diberikan vaksin Sinovac dan vaksin cova secara gratis.

Sedangkan bagi masyarakat dan para pelaku ekonomi bisa melakukan vaksinasi secara mandiri. Pada kelompok mandiri akan diberikan vaksin Sinovac, Vaksin Novavax, dan Vaksin Merah Putih. Dengan total program vaksin dengan sasaran 32 juta orang.

Nah itulah beberapa update terbaru tentang perkembangan vaksin di Indonesia. Komitmen pemerintah dalam memberantas virus corona menjadi secercah harapan masyarakat Indonesia agar bisa kembali normal seperti sedia kala. Selain menunggu vaksin, menerapkan protokol kesehatan harus tetap diberlakukan.

Menggunakan masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun secara benar, serta menghindari kerumunan untuk mencegah penularan. Menjaga kesehatan juga penting sekali dilakukan. Daya tahan tubuh yang baik akan mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit yang lain. Sehingga resiko akan lebih kecil. Anda bisa mengunjungi Halodoc untuk memperoleh informasi tentang kesehatan tubuh.

Halodoc hadir sebagai salah satu solusi kesehatan terlengkap di Indonesia. Ada beberapa fitur menarik yang bisa anda dapatkan di aplikasi Halodoc. Anda bisa chat dokter secara langsung untuk konsultasi. Anda pun juga bisa membeli obat dan vitamin melalui aplikasi Halodoc di smartphone. Dan ada banyak update terbaru seputar informasi kesehatan. Tentu hal ini sangat bermanfaat terutama di tengah pandemi wabah COVID-19 ini. Di saat keluar rumah menjadi momok, anda bisa tetap tidak ketinggalan solusi kesehatan dengan Halodoc.