Antar barang pada platform digital biasanya hanya dilengkapi oleh beberapa vendor pengiriman yang itu-itu saja dan mau tidak mau pendaftar harus terima yang sudah ada pada data tersebut. Berbeda halnya saat pendaftar telah berhasil bergabung dengan platform digital jual beli barang dan jasa BUMN ini yaitu PaDi UMKM.

Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini, telah menyiapkan opsi kurir pribadi untuk memfasilitasi pendaftar yang mempunyai kurir selain yang telah tersedia di PaDi UMKM. Ingin tahu Langkah untuk mengaktifkannya? Dikutip dari halaman website padiumkm.id, Berikut cara untuk mengaktifkan kurir pribadi:

Pastikan pendaftar telah login dengan akun yang telah berhasil di daftarkan, lalu masuk ke menu utama dan saat masuk akan ada pilihan pesanan, data produk, tambah produk, kotak pesan, rating, pengaturan dan rencana belanja. Pilih “Pengaturan”, saat terbuka ada 3 menu lagi dengan tulisan perusahaan, akun dan pengiriman, klik “Pengiriman”.

Saat masuk ke dalam menu pengiriman, adalah pilihan seperti ongkos kirim dan dan regular, di dam pilihan regular ongkos kirim yang akan disesuaikan dengan berat barang yang telah dipesan, pesanan tersebut dihitung perkilogramnya. Lalu terdapat perkiraan pengiriman yaitu “estimasi pengiriman”. Di dalam menu ongkos kirim terdapat pilihan “Kurir pribadi” yang perlu dicentang oleh pendaftar untuk mengaktifkan menu tersebut.

Ada catatan dari platform digital mengenai opsi kurir pribadi ini seperti, ongkos kirim berlaku untuk semua daerah dan semua produk di toko pendaftar. Lalu, Ongkos kirim akan dikalikan dengan berat masing-masing produk di toko si pendaftar pada saat pembeli membuat transaksi.

Setelah semua data telah dilengkapi, selanjutnya data tersebut disimpan.

Opsi kurir pribadi ini memiliki tujuan untuk memudahkan setiap transaksi jual beli BUMN agar efisien dan membuat penjual menikmati berbagai keuntungan setelah bergabung dengan platform digital inisiasi BUMN ini.

Tingginya potensi UMKM dalam menjadi roda utama penggerak ekonomi bangsa di berbagai situasi ekonomi, membuat Kementerian BUMN dan seluruh BUMN bersinergi untuk membangun platform yang dapat menggerakkan ekosistem UMKM secara digital dan sistematis dalam skala nasional berkelanjutan. Untuk itulah PaDi UMKM hadir. PaDi UMKM dan fitur-fitur di dalamnya, didesain untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan UMKM secara sistematis di era digital, pada skala nasional maupun global.

Pasar Digital (PaDi) UMKM adalah platform yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sinergi bersama BUMN untuk memonitor kontribusi BUMN terhadap UMKM di seluruh Indonesia. Fitur PaDi UMKM meliputi Control Tower Dashboard yang menjadi pusat data dan informasi real time UMKM Indonesia, PaDi UMKM B2B yaitu Pasar Digital bagi BUMN untuk berbelanja langsung ke UMKM dengan konsep B2B, PaDi UMKM B2C yang membantu UMKM untuk mengakses pasar B2C lewat berbagai marketplace secara terpusat, dan PaDi UMKM Financing yang membantu pengembangan UMKM melalui fasilitas pembiayaan.