Ragam Model Tunik yang Menarik Hati
Bagi banyak perempuan, memilih gaya berpakaian sehari-hari bisa menjadi kegiatan yang menguras tenaga juga emosi. Seakan-akan isi lemari selalu kosong dan setiap harinya ada saja kesulitan untuk berpenampilan menarik nan segar tanpa rasa membosankan karena memakai baju yang itu-itu saja, bukan? Apalagi jika kegiatan menuntut untuk berpakaian rapi seperti dengan kemeja atau blus formal. Duh, jenuh dan terkesan “kaku”, rasanya tuh, nggak banget, deh! Nah, Anda bisa melirik baju tunik untuk mendapatkan alternatif gaya.

Tunik, Awalnya Merupakan Baju Dalam
Berasal dari bahasa Latin “tunika”, baju tunik merupakan pakaian dasar yang digunakan baik oleh laki-laki maupun perempuan di era Mediterania kuno. Tunik semula dibuat menggunakan bahan linen dengan potongan lurus dan dijahit pada kedua sisi. Menyisakan lubang pada bagian kepala dan tangan, bentuk tunik sendiri memiliki panjang yang bisa mencapai lutut.

Mulanya, tunik merupakan baju dalam sehingga pemakaiannya akan lebih lengkap jika disertai mantel. Namun di masa itu, kalangan pemuda dan kaum pekerja sering menggunakan tunik sebagai baju tunggal. Seiring perkembangan zaman, tunik didesain sedemikian rupa dengan materials yang lebih premium seperti wool dan digunakan sebagai pakaian formal di kalangan bangsa Romawi. Sejak abad ke-20, tunik seringkali diidentifikasikan sebagai blus panjang.

Meski demikian, tunik berbeda dengan baju kurung. Namun, panjangnya tunik yang menutupi hingga ke lutut serta dengan bentuk yang lurus dan longgar itu rupanya menjadi daya tarik tersendiri dan membuka peluang pilihan gaya busana untuk para wanita yang menggunakan kerudung (hijab). Sejatinya, tunik dapat dipakai oleh siapa saja yang ingin tampil sederhana namun tetap formal secara easy, karena tidak semua tunik didesain berlengan panjang. Tunik bisa hadir dengan desain lengan pendek atau bahkan sleeveless.

Model-model Baju Tunik
Berikut ini beberapa jenis model tunik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera berbusana Anda dan pastinya membuat Anda semakin modern dengan pelbagai kreasi tunik yang trendy:

● Basic Tunic

Mengadaptasi bentuk dan bahan aslinya, fundamental tunic bisa menggunakan material linen polos. Selain untuk wanita, mannequin ini juga dapat digunakan oleh para pria. Untuk menambah aksen mode, dapat disertai dengan tambahan bordir pada bagian sisi kerah.

● Tunik dengan Model Peplum

Tunik sangatlah berbeda dengan baju kurung yang memiliki pakem tertentu baik dalam segi desain maupun penggunaannya. Tunik sendiri akhirnya menjadi pilihan mode busana panjang yang lebih fleksibel dan modis. Salah satu kreasi desain tunik yang menarik ialah dengan menggunakan potongan model peplum yang bersiluet, sehingga akan menampilkan kesan feminin bagi pemakainya. Anda bisa memadukan dengan bawahan seperti celana skinny jeans untuk mendapatkan tampilan kasual yang manis.

● Tunic Dress

Bentuk dasar tunik juga dapat diadaptasi menjadi model gaun. Panjangnya bisa disesuaikan agar melebihi lutut dan dilapisi dengan furing tambahan agar lebih tebal dan tidak menerawang. Tunik dengan model gaun seperti ini juga bisa Anda pakai jika Anda ingin mendapatkan bohemian look dengan memilih alas kaki ankle boots berbahan kulit dengan warna cokelat yang sedikit terang.

● Tunik sebagai Baju Luaran

Tinggal di iklim tropis membuat Anda berpikir panjang untuk memakai tunik? Eits, tidak perlu khawatir karena kini tunik juga bisa jadi dalaman model vest dan cukup digunakan sebagai outerwear. Anda bisa menggunakan pakaian yang lebih adem sebagai dalaman, atau gown dengan potongan bodyfit sehingga penampilan Anda tidak terkesan ribet karena pakaian yang berlapis-lapis.

Masih bingung, mau pilih tunik yang seperti apa? Yuk, cek laman Priceprice untuk mendapatkan referensi pilihan tunik yang menarik, plus yang paling sesuai dengan budget Anda. Selamat berbelanja!

Images from zoya.co.id, elzatta.com, cottonink.co.id

26 Agustus 2020

By admin