G

Byadmin

Aug 4, 2020

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 12/10/ :30 WIB

Pada bagian dalam produk label busananya, penyanyi asal Korea Selatan itu memuat panduan mencuci pakaian yang dianggap merendahkan wanita. (Foto/Dok. YG Entertainment) Jakarta, CNN Indonesia — Bersama pengarah gayanya GeeEun, personel boyband asal Korea Selatan Bigbang, G-Dragon mendirikan lini busana bernama PEACEMINUSONE.

Beberapa waktu lalu, akun instagramlini busananya itu, merilis satu foto yang memuat panduan mencuci pakaian yang cukup nyeleneh.

“Jangan dicuci mesin, jangan pakai pemutih, jangan disetrika, keringkan di bawah matahari…ah, abaikan. Berikan saja pada ibumu. Dia lebih tahu bagaimana melakukannya.”

Sontak foto label dengan panduan ini menuai kontroversi karena dianggap merendahkan wanita.

Banyak yang menganggap kalimat tersebut menegaskan seolah-olah mencuci baju hanya merupakan pekerjaan seorang ibu atau wanita.

Mengutip The Herald Econ seperti dilansir dariNate, seorang netizen menuturkan, “Memaksa ibu untuk melakukan pekerjaan rumah itu berarti memperkuat stereotip gender.”

Mengutip Soompi, ada juga yang menilai G-Dragon telah menyinggung kaum perempuan, dengan panduan yang bersifat misoginis itu.

Namun, tak sedikit pula yang menganggap kalimat tersebut sebagai sesuatu yang lucu.

Salah satu netizen mengatakan, “Sebenarnya saya menganggap ini sangat lucu dan tidak misoginis sama sekali. Dia mengunggah foto itu karena unik, dan tak biasa.”

Netizen lain menuturkan, “Lalu bagaimana dengan iklan yang mengatakan ‘biarkan ayahmu yang mengganti lampu’ atau ‘biarkan kakak laki-lakimu yang memperbaiki komputer’. Bukankah itu misandry juga?”

Kontroversi ini bukan hal baru buat lini busana G-Dragon. Sebelumnya, label busana ini mengundang kritik karena harganya yang dianggap sangat mahal. Sebagai contoh, sebuah topi polos berwarna hitam dibanderol US$201,09 atau setara Rp2,6 juta. Sementara kaos hitam polos dihargai US$306,93 atau sekitar Rp4 juta.

Terlepas dari tingginya harga produk PEACEMINUSONE, nama G-Dragon cukup mendongkrak penjualan barang labelnya.

Hal ini terlihat dari banyaknya barang yang ludes terjual. Di situs resmi label ini, sembilan dari 15 macam produk yang dijual telah habis. Beberapa artis pun terlihat mengenakan produk label ini, salah satunya adalah aktris sekaligus penyanyi terkenal asal Hong Kong Angelababy.

Terkait pandungan mencuci yang nyeleneh ini, juga bukan hal baru di dunia fesyen.

Jauh sebelum G-Dragon melakukannya lewat PEACEMINUSONE, label busana asal Italia, Shoeshine, juga pernah melakukan hal serupa.

Pada akhirnya, karena banyaknya kritikan tajam dan kontroversi, perusahaan tersebut meminta maaf, meskipun mereka menyebutkan pencantuman panduan tersebut bertujuan sebagai sebuah candaan belaka. (rah/rah)

By admin