(sumber: istockphoto)Liputan6.com, Jakarta Untuk para wanita muslim pasti sudah tak asing dengan gamis. Ya, gamis adalah satu jenis pakaian muslim yang banyak dikenakan saat ini. Sudah banyak mannequin-model gamis yang dijual di pasaran.

Tak hanya sebagai kebutuhan sandang, gamis juga tanpa disadari telah menjadi penunjang penampilan. Gamis saat ini telah tersedia dengan berbagai mannequin dan jenis yang menyesuaikan dengan tren masa kini.

Tak jarang gamis juga digunakan oleh para artis Tanah Air, yang kemudian model gamis khas para artis tersebut dijual dengan label ‘gamis artis’. Contohnya seperti Gamis Syahrini atau Gamis Ashanty.

Gamis memang dijual dengan harga beragam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Terkadang jika Anda membeli gamis siap pakai Anda kurang cocok dengan ukuran atau kualitas jahitannya.

Untuk mengatasi ini, Anda dapat membuat gamis Anda sendiri. Anda bisa membeli kain dan menjahitkannya di tukang jahit atau bisa menjahitnya sendiri.

Pilihan yang terakhir merupakan pilihan paling hemat karena Anda tak perlu membayar jasa jahit. Dan menjahit sendiri gamis, Anda akan dapat menentukan ukuran atau mannequin serta kualitas jahitannya.

Untuk membuat gamis sendiri di rumah pastinya memerlukan persiapan sendiri. Salah satu hal yang penting adalah membuat pola baju gamis. Pola ini nantinya digunakan untuk memotong kain agar dapat dijahit membentuk sebuah gamis.

Cara membuat pola baju gamis cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Anda perlu menyiapkan alat-alat seperti pita meteran, kertas pola (bisa gunakan kertas apapun), pensil, penghapus gunting, dan penggaris.

Cara membuat pola baju gamis yang pertama adalah mengukur ukuran gamis sesuai dengan ukuran badan Anda. Berikut cara membuat pola baju gamis yang berhasil liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (26/2/2019)

Cara Mengukur Gamis Sendiri
(sumber: istockphoto)Cara membuat pola baju gamis yang pertama adalah mengukur gamis. Siapkan pita meteran, pensil, dan kertas untuk mencatat ukuran-ukuran yang ada. Berikut bagian badan yang perlu diukur:

Panjang gamis

Jika Anda ingin membuat gamis sendiri, maka Anda akan dapat menentukan panjang gamis sesuai dengan tinggi badan Anda sendiri. Ukur panjang gamis dimulai dari ujung pundak atas sampai mata kaki

Lingkar Dada

Ukur melingkar dari bawah ketiak hingga bagian dada yang menonjol

Lingkar Leher

Lingkarkan pita meteran dari hingga bagian leher yang terbesar.

Panjang lengan

Panjang lengan diukur dari pundak bawah sampai pergelangan tangan.

Lebar Bahu

Anda bisa mengukur lebar bahu dengan mengukurnya mulai titik bahu pada leher tertinggi sampai titik bahu yang paling rendah pada ujung bahu bagian lengan.

Lingkar Pinggul

Ukur melingkar bagian pinggul, lingkar pinggul kurang lebih berada 20 cm dari lingkar pinggang

Lingkar Pinggang

Ukur melingkar bagian pinggang atau bagian yang terkecil.

Lingkar Pergelangan tangan

Ukur melingkar pergelangan tangan

Lingkar kerung lengan

Lingkarkan pita meteran pada sekeliling kerung lengan dari titik bahu melalui ketiak sampai kembali ke titik bahu awal.

Cara Membuat pola baju gamis
(sumber: istockphoto)Anda perlu membuat beberapa bagian pola, seperti pola depan, pola belakang, dan pola lengan. Pola ini berbeda satu sama lain sesuai dengan fungsinya. Gunakan ukuran yang telah Anda miliki untuk menggambar pola baju gamis ini.

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Depan
(sumber: modemuslim)Buat pola depan berupa garis lurus dengan panjang yang sesuai dengan panjang baju yang telah diukur sebelumnya.

gambar lingkar leher dengan setengah ukuran lingkar leher. Kemudian gambarkan lebar bahu sesuai ukuran.

Setelah itu gambar lingkar kerung lengan setengah dari ukuran kerung lengan Anda dan tambahkan 2 cm untuk ruang jahitan.

Menuju ke bawah, untuk lebar baju, ukur seperempat lingkar pinggang seperti pada gambar. Kemudian untuk lingkar pinggul digambarkan 20 cm di bawah lingkar pinggang dengan ukuran seperempat lingkar pinggul ditambah 1cm.

Untuk lebar bagian bawah gamis, ukur dengan cara menggambar seperempat ukuran lingkar pinggul ditambah 4 cm. Tarik garis antara bagian bawah kerung lengan, lingkar pinggang, lingkar pinggul dan bagian bawah gamis hingga membentuk seperempat pola.

Gunakan pola ini untuk memotong kain pada bagian depan gamis.

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Belakang
(sumber: modemuslim)Sama seperti pola depan, buat garis lurus sesuai dengan panjang baju yang telah diukur. Untuk lingkar leher, gambar lingkar leher namun dengan ukuran setengah lingkar leher ditambah three cm. setelah itu gambar lebar bahu dan kerung lengan. Untuk kerung lengan dibuat dengan ukuran setengah kerung lengan ditambah 2 cm.

Untuk lebar pinggang sama seperti pola depan dengan mengunakan ukuran seperempat lingkar pinggang. Untuk bagian pinggul juga digambarkan 20 cm di bawah lingkar pinggang dan ukurannya dibuat seperempat lingkar pinggul dikurangi 1 cm.

Untuk bagian paling bawah gamis, ukur dengan seperempat lingkar pinggul dengan dikurangi 1 cm ditambah 3 cm.

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Lengan
(sumber: modemuslim)Ukur pola lengan dengan panjang sesuai dengan panjang lengan yang telah diukur sebelumnya. Untuk bagian atas gambar lengkungan seperti pada gambar di atas dengan ukuran sesuai lingkar kerung lengan yang telah diukur sebelumnya.

Untuk ukuran lengan bagian bawah atau pergelangan tangan, sesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan Anda.

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Kerah
(sumber: modemuslim)Buat pola dengan ukuran lebar sesuai dengan setengah lingkar leher dan panjang 10 cm. Gambar kerah pada pola tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

*
*

By admin